PT Triangle Pase Inc Di Duga Curangi Hak Warga Dan Abaikan UU dan Qanun CSR serta Penanaman Modal

0
2519

Aceh Timur, raungpost.id

PT Triangle Pase Inc yang bergerak dibidang minyak dan gas (Migas) di ketahui sudah lama beroperasi dan mengelola migas di dusun sejuk gampong sejudo, kecamatan pante bidari, kabupaten aceh timur provinsi aceh.

Keberadaan PT Triangle Pase Inc yang beroperasi dan mengelola migas diduga kuat melanggar Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal, Qanun Aceh Aceh Nomor 5 tahun 2016 tentang Penabamal Modal dan Qanun Aceh No 12 tahun 2012 tentang Corpored Social Responcibility (CSR).

Keuchik Gampong Sejudo Alamsyah (30) tahun saat dikonfirmasi awak media Rabu (18/07/2018) menyampaikan, Saya sangat kecewa atas sikap PT Tri Anggle Pase Inc yang beroperasi diwilayah desa kami, karena selama ini tidak pernah mengeluarkan CSR kepada masyarakat.

” Sebelumnya juga, perusahaan perusahaan migas seperti dari exxon mobil, mobil oil, dan terakhir perusahaan PT Triangle Pase Inc. Sudah puluhan tahun keberadaan mereka ditempat kami tidak pernah memenuhi kewajibannya menyalurkan dana bina lingkungan/CSR kepada warga Desa Sejudo yang seharusnya menjadi Desa binaannya. ” ungkapnya.

” Di samping itu Tenaga kerja lokal hanya dipakai sebagai pengamanan saja (Scurity), bidang lainnya semua dari luar Desa setempat. contoh driver saja yang dipakai dari luar desa. padahal warga setempat banyak yang layak jadi driver disitu. ” imbuh Keuchik Alamsyah.

Menurut Keuchik Alamsyah, dirinya sudah beberapa kali melayangkan surat kepada perusahaan tersebut namun hingga saat ini belum ada tanggapan apapun. ” Sebenarnya sangat banyak yang kami butuhkan terkait saraba dan prasarana di Desa. Termasuk untuk Sarana tempat ibadah yang tidak dibenarkan aturan menggunakan Dana Desa, ” papar.

Sementara itu, Kabid Investigasi LSM KPK Nusantara Syahrudin Adi Putra saat di mintai pandangannya mengatakan, Terkait Kegiatan Investasi atau penanaman Modal, semua telah diatur dalam Undang-undang Nomor 25 tahun 2007, sangat jelas disebutkan bahwa Penanaman Modal juga menyelipkan satu pasal yang mengatur CSR.

” Pasal 15 huruf b berbunyi : Setiap penanam modal berkewajiban melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan. Penjelasan Pasal 15 huruf b menambahkan bahwa yang dimaksud dengan tanggung jawab sosial perusahaan, ” adalah tanggung jawab yang melekat pada setiap perusahaan penanam modal untuk tetap menciptakan hubungan yang serasi, seimbang, dan sesuai dengan lingkungan, nilai, norma, dan budaya masyarakat setempat. ” tegas Syahrudin Adi Putra, HAM.

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi. UU Minyak dan Gas Bumi memang tidak secara tersurat mengatur tanggung jawab sosial perusahaan.

Namun, bila dibaca secara seksama, ada satu aturan yang secara tersirat menyinggung mengenai CSR.

Ketentuan itu adalah Pasal 11 ayat (3) huruf p, yang berbunyi, “ Kontrak Kerja Sama sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) wajib memuat paling sedikit ketentuan-ketentuan pokok yaitu: pengembangan masyarakat sekitarnya dan jaminan hak-hak masyarakat adat. ” tambahnya.

Setelah mendapatkan laporan dari tokoh masyarakat, awak media bersama Kabid Incestigasi LSM KPK Nusantara mendatangi lokasi PT Triangle Pase Inc yang beroperasi di Dusun Sejuk Gampong Sejudo.

Sesampainya dilokasi perusahaan tersebut, kami langsung ditemui oleh Zainal selaku Kepala Security dan beberapa anggota Security lainnya sambil mengatakan bahwa kami tidak diperkenankan masuk ke areal perusahaan, ” Kalau ingin meliput apa saja kegiatan perusahaan mohon telfon dulu humas kami, kalau belum dapat izin dari beliau mohon maaf, kami hanya menjalankan tugas. ” tegas Zainal selaku Head Securuty.

Humas PT Triangle Pase Inc H. Razali saat di hubungi awak media mengatakan “Jika ingin meliput atau masuk ke areal perusahaan, tolong kirimkan surat permohonan atau pemberitahuan terlebih dahulu, atau kasih tahu terlebih dahulu. ” Saya juga tidak izinkan karena saya juga lagi tidak ditempat arwal lokasi tersebut. ” terang H. Razali.

Disinggung terkait CSR H. Razali menyampaikan, ” Saya tidak bisa jawab itu, karena saya baru 2 (dua) bulan ditempatkan sebagai Humas disini. Kalau bisa, lebih baik silahkan datang ke kantor untuk enak kita berbicara. ” sarannya. (Adi Selitonga) di kutip dari Radar-x.net

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here