LSM-KPK Nusantara Mendesak Pihak Hukum Menindak Tegas Oknum KUA Penaron

0
1232
Kabid Investigasi LSM-KPK Nusantara DPD Aceh, Syahrudin Adi Putra, HAM

Kota Langsa, raungpost.id

LSM-KPK Nusantara mendesak pihak hukum, khususnya kepolisian agar bertindak tegas terhadap perilaku oknum kepala KUA kecamatan penaron beserta Stafnya yang merencanakan menjual dokumen negara berupa buku nikah kepada masyarakat kurang mampu.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh kabid investigasi LSM-KPK Nusantara DPD Aceh Syahrudin Adi Putra, HAM kepada awak media di Mess investigasi mota langsa, sabtu (11/08/2018). Di lansir dari Radar-x.net.

Saya mengecam tindakan kepala KUA penaron yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan, terkait dengan persyaratan buku nikah. ” Padahal dalam aturan hukum, buku nikah sebagai salah satu dokumen negara tidak diperjual-belikan ” . terangnya.

Ditambah lagi oknum tersebut dengan berani mengeluarkan pernyataan, ” tidak dibenarkan lagi mengeluarkan surat keterangan pendukung terhadap kebutuhan Administrasi masyarakat, ” bukan malah melayani dan mempermudah proses pelayanan publik ” . kata Syahrudin Adi Putra.

Menurut Syahrudin, tindakan dengan merencanakan untuk memperjual-belikan dokumen negara oleh oknum kepala KUA penaron berserta seorang oknum stafnya, mengarah ke beberapa dugaan pelanggaran hukum.

Baca Juga:  Bupati Apresiasi Festival Rakyat Rambipuji

diantaranya, ” pemerasan masyarakat kurang mampu, melanggar aturan Aparatur Sipil Negara (ASN), penyalah gunaan kewenangan memicu ke tindakan Korupsi ” . ujarnya.

Saya menegaskan kembali kepada kepala kementrian agama (Kemenag) kabupaten aceh timur, agar menindak tegas oknum kepala KUA kecamatan penaron, Karena dikhawatirkan akan semakin banyak lagi perdagangkan dokumen negara dalam hal ini buku nikah, lanjut Syahrudin.

Oknum kepala KUA penaron yang berinisial ( L) dari awal hingga saat berita ini diterbitkan masih bungkam terhadap konfirmasi awak media. (SAP).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here