Peduli Korban Gempa Lombok ‘RIZKI’ Berikan Bantuan Kemanusiaan

0
1301

Jember, raungpost.id

Gempa bumi yang terjadi di pulau lombok, propinsi nusa tenggara barat beberapa waktu lalu menyisakan trauma mendalam bagi masyarakat yang terdampak.

Bantuan kemanusiaan datang dari berbagai daerah diindonesia, tak terkecuali lembaga amil zakat dan Infaq shodaqoh (RIZKI) juga turut memberikan bantuan kemanusiaan. Bantuan yang dibagikan mulai dari Food Bank dan siap dirikan Huntara.

Dalam jumpa pers di salah satu café di kelurahan tegal besar, kecamatan kaliwates, rabu (5/9/2018) Direktur RIZKI Ismed Sanditama didampingi Heru Cahyudi Tim Healing RIZKI dan Rahmat Choirudin yang merupakan penanggung jawab logistic dan Sarpras RIZKI menjelaskan bahwa, ada dua hal yang mendasar yang terjadi pasca gempa lombok tersebut.

“ Pertama yakni rusaknya bangunan-bangunan yang ada di Lombok, meliputi rumah warga dan infrastruktur umum, ” ujarnya.

Kedua, trauma berat dan tingkat stress masyarakat, ” Mereka trauma dengan peristiwa gempa dan ketakutan akan datangnya gempa susulan. Kondisi seperti ini mengakibatkan warga tetap bertahan di daerah perbukitan dengan fasilitas seadanya, ” imbuhnya.

Baca Juga:  Babinsa Cangkring Bersama Masyarakat Laksanakan Kerja Bakti

Masih kata Ismed sapaan akrab beliau, dalam rangkaian aksi kemanusiaan untuk korban gempa Lombok, RIZKI membawa bantuan dari masyarakat Jember berupa perlengkapan bayi, biscuit, selimut, terpal serta bahan-bahan dari kayu.

“ Khusus bahan kayu kita pakai untuk membuat rumah rusuk di daerah Dusun Pandanan Desa Malaka Kecamatan Pamenang Kabupaten Lombok Utara, ” terang Ismed.

Rumah rusuk sendiri lanjut Ismed, berupa tempat tinggal darurat yang terbuat dari bambu dengan atap dari terpal. Menurut Ismed, warga sangat bersyukur atas bantuan tersebut, sebab sebelumnya mereka tinggal beralaskan tikar dan terpal yang dipasang seadanya.

“ Alhamdulillah untuk tandon air kita juga dirikan di beberapa titik, termasuk juga untuk dapur umum dan mushola darurat. Selain itu tiga unit rumah rusuk kita dirikan sebagai tempat tinggal darurat dan kedepan kita juga akan membangun Huntara atau hunian rumah sementara rencananya kita bangun 30 unit insyallah dapat bertahan selama lima tahun, ” papar Ismed.

Pihaknya berharap bantuan yang disampaikan dapat memberikan ketenangan masyarakat hingga dengan program ini pula mereka dapat kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Baca Juga:  Tingkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat, Camat Sukorambi Kembangkan Tanaman Nilam

LAZDA RIZKI sendiri didirikan pada tanggal 5 Mei 2003 yang merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam menghimpun dan menyalurkan dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ZISWAF), serta dana sosial kemanusiaan lainnya kepada mereka yang membutuhkan.

LAZDA RIZKI dikukuhkan sebagai Lembaga Amil Zakat kabupaten melalui SK Kemenag Propinsi Jawa Timur no 3436 tahun 2018.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi :

LAZDA RIZKI

Jalan Karimata no 15 A Jember

Website www.gorizki.org email : [email protected]

Telp : 085335674030 / WA 085335674030

Twitter: @laz_rizki / Instagram: @zakat_rizki / facebook: Lembaga Amil Zakat RIZKI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here