Gerebeg Suro Desa Sukoreno Dijaga Ketat Aparat Keamanan

0
1349

Jember, raungpost.id

Masyarakat sukoreno, kecamatan umbulsari, rabu (26/9/2018) menggelar gerebek suro, yang kegiatannya melibatkan semua unsur agama serta menampilkan budaya dan hasil bumi setempat.

“ Firaz Chalid camat umbulsari menyampaikan, grebeg suro ini intinya masyarakat ikut bersyukur atas pembangunan yang ada diwilayah kecamatan umbulsari ” .ujarnya.

Penyelenggaraan gerebek suro ini melibatkan semua unsur pemeluk agama yang ada di kecamatan umbulsari yakni Islam, kristen, budha, hindu serta aliran kepercayaan seperti aliran saptho dharmo,

” Mengutamakan kebersamaan terutama dalam kepentingan umat beragama wajib dilakukan agar tercipta hidup yang aman, damai, dan tenteram ” .terang Firaz.

Dalam grebek Suro yang dilaksanakan didesa sukoreno diikuti 20 parade, yang setiap paradenya berjumlah 100 hingga 200 orang. ” Parade ini menampilkan budaya dari dalam, yang menjadi kesepakatan, Diantara budaya yang ditampilkan seperti bala ganjur oleh umat hindu dan tokoh-tokoh pewayangan lainnya ” . tuturnya.

Sementara itu kapolsek umbulsari AKP Sunarto mengatakan, Kerukunan dan kedamaian dalam berkehidupan beragama di wilayah kecamatan umbulsari ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain.

Baca Juga:  Ir. H. Nuryasin MBA, MT Didampingi Ketua Tim Sahabat (NY) Beserta Rombongan Melaksanakan Perjalanan Religi

” Kerukunan beragama disini memang luar biasa dan ini sudah berjalan puluhan tahun, di sini antar umat berpadu menjadi satu ” .ungkapnya.

Berkenaan dengan keamanan, mantan densus 88 ini mengatakan, Ada sekitar 20 personil keamanan yang terdiri dari kepolisian, TNI, dan satuan polisi pamong praja ” .pungkas Sunarto. (jok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here