Masyarakat Pantai Pancer Puger Tetap Lestarikan Budaya Petik Laut

0
973

Jember, raungpost.id

Giat budaya petik laut masyarakat nelayan puger yang hingga kini tetap lestari ditandai dengan ” Larung Sesaji ” hasil bumi warga puger kulon, kecamatan puger, kamis (27/9/2018) berjalan meriah. Acara giat tersebut dimulai pukul 09.00 wib dan ditempatkan diaula pendopo balai desa.

Salah satu tokoh setempat yang namanya tidak mau disebut mengatakan, Larung sesaji masyarakat nelayan puger ini biasa dilakukan setiap tahunnya sebagai wujud rasa syukur atas apa yang sudah dianugerahkan kepada masyarakat.

” Selanjutnya memohon berkah dan keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa diwaktu yang akan datang ” .ucapnya.

Prosesi larung sesaji sendiri diawali dengan kirap sesaji dari desa puger kulon menuju TPI, selanjutnya dilarungkan ke laut oleh kepala desa beserta perangkat, tokoh masyarakat yang diiringi oleh masyarakat nelayan.

Ada sekitar 75 orang yang mengikuti prosesi Larung sesaji dengan menggunakan kapal nelayan di pantai pancer.

Danramil puger 0824/21 kapten Chb Hadi Windoko mengatakan, Beberapa rangkaian kegiatan petik laut yang sudah dilaksanakan diantaranya pertunjukkan wayang kulit, Khodmil Qur’an, Tahlil Akbar dan larung sesaji saat ini.

Kehadiran saya bersama anggota disamping dalam rangka menghadiri upacara, sekaligus mengamankan kegiatan.

” Giat acara larung sesaji ini dihadiri lebih kurang sekitar 1000 orang sehingga butuh pengaman extra agar kegiatan dalam rangka melestarikan budaya dapat berjalan dengan tertib, lancar dan aman ” .terangnya.

Ditempat terpisah dandim 0824 jember letkol inf Arif Munawar yang melaksanakan dinas luar menyampaikan, salam hormat kepada sesepuh puger, karena dirinya tidak dapat menghadiri acara tersebut.

” Kepada masyarakat nelayan puger saya menyampaikan selamat melaksnakan upacara larung sesaji sebagai wujud rasa syukur dan kedepan semoga kita semua senantiasa diberikan rahmat dan hidayahnya ” . harapnya. (jok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here