Kades Karanganyar Kagum Dengan Kekompakan Warganya

0
1356
Sunaryo Kades Karanganyar Saat Memberikan Sambutan

Jember, raungpost.id

Untuk mempermudah dalam beraktifitas sehari-hari sekaligus meningkatkan perekonomian, masyarakat susun sentong, desa karanganyar, kecamatan ambulu membutuhkan sebuah jembatan guna mempercepat jalan menuju lokasi pertanian.

Menurut warga sekitar, pembangunan atau pembuatan jembatan , jika dananya diambilkan dari APBD sangat tidak mungkin, mengingat lokasi pembangunan jembatan bukan jalan umum. Namun jembatan tersebut tetap akan dibuat, karena di gunakan sebagai jalan pintas.

Untung salah satu tokoh masyarakat sekaligus ketua panitia penyelenggara pembangunan dan wayangan saat di temui media raungpost di sela-sela kesibukanya mengatakan, adanya ide untuk membuat jembatan itu muncul dari para petani yang memiliki lahan pertanian di belakang rumahnya namun menyeberangi sungai.

” Selama ini para petani jika mau ke lokasi pertanianya harus memutar yang membuat jarak tempuhnya agak jauh, padahal lokasinya tidak jauh dari rumah mereka ” .katanya.

Karena sering nongkrong bareng dan membicarakan hal pembangunan jembatan terus-terusah akhirnya masyarakat mencoba untuk lebih serius membicarakanya.

Alhasil masyarakat sepakat membuat jembatan, namun terkendala oleh dana. Beruntung saat membicarakan prihal pembangunan jembatan ada Abdul Azis yang merupakan kasun, akhirnya perwakilan dari masyarakat dusun sentong didampingi Abdul Aziz menghadap kepala desa guna menyampaikan keinginannya.

Baca Juga:  Wabup, Memaknai Bulan Ramadhan Dan Bulan Syawal

” Kepala desa karanganyar Sunaryo saat mendengar keinginan warganya tanpa berfikir panjang langsung memberikan dukungannya sekaligus memberikan bantuan dana sebesar satu juta rupiah, selebihnya dana ditanggung oleh swadaya masyarakat ” .ujar Abdul Aziz.

Dalam pembangunan jembatan tersebut menurut Abdul Aziz, membutuhkan dana sekitar lima belas juta rupiah, setelah mendapat dukungan dari kepala desa, perwakilan masyarakat sekitar langsung melakukan penggalangan dana, dan dalam waktu yang tidak lama dana sudah terkumpul dan pembangunan jembatanpun dilakukan.

Masih menurut Abdul Aziz, akhirny jembatan selasai dalam kurun waktu sekitar satu bulan. mengingat saat ini masih masuk dalam bulan Muharram (bulan Assuro) masyarakat dusun sentong kembali membicarakan soal selametan.

Tanpa berfikir panjang perwakilan masyarakat kembali menemui kepala desa. Alhamdulillah kepala desa menyambut baik keinginan mereka dan kepala desa memberikan bantuan dana sebesar dua juta rupiah untuk pagelaran wayang kulit, selebihnya dana ditanggung oleh masyarakat, terang Abdul Aziz.

Sunaryo kades karanganyar menyampaikan bahwa pihaknya sangat berterimakasih atas kekompakan dari masyarakat dusun sentong, karena dalam waktu yang singkat mampu mengumpulkan dana sekitar tiga puluh juta lebih.

Baca Juga:  Wabup Optimis, Raka-Raki Jember Adalah Duta Wisata Terbaik Untuk Jatim

” Lima belas juta di gunakan untuk pembangunan jembatan dan selebihnya di gunakan untuk acara tasyakuran dan suroan dengan mengadakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Sudjito dari desa sabrang, semoga kekompakan ini dapat terus di tingkatkan ” .pungkas Sunaryo. (Epk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here