Puluhan Rumah Disejumlah Kecamatan Alami Kerusakan akibat Gempa

0
831
Satu Rumah Warga Desa Lampeji, Kecamatan Mumbulsari Yang Rusak Parah Akibat Dampak Getaran Gempa Mendapat Bantuan

Jember, raungpost.id

Getaran gempa yang berada titik lokasi 7,42 LS, 114.47 BT (61 km, timur laut situbondo), jawa timur dengan kedalaman 10 km yang terjadi sekitar pukul 01:44:57 wib, kamis dini hari (11/10/2018) tidak menimbulkan tsunami.

Getaran gempa yang begitu kuat juga dirasakan disejumlah kecamatan yang berada dikabupaten jember, hingga menimbulkan kerusakan yang mengakibatkan kerugian bagi warga.

Adapun rumah warga yang terdampak hingga mengalami rusak berat yakni rumah milik Seniman atau Suyanto alamat dusun gading RT 05/RW 04 desa darsono, sedangkan ruang intel polsek arjasa mengalami rusak ringan.

Sementara kerusakan rumah diwilayah kecamatan sukorambi yang terdampak gempa yakni dapur rumah milik Saiful Fadil warga dusun manggis RT 01/RW 01, desa sukorambi roboh kerugian ditaksir mencapai 10 juta.

  1. Rumah milik Krisna (20) yang berada di RT 01/RW 10 dusun manggis, desa sukorambi, kerusakan tembok rumah retak berat atau hampir ambrol kerugian mencapai 5 juta.

  2. Rumah Agus Ahmad (47) RT 02/RW 07, dusun curadami desa sukorambi kerusakan dapur ambruk kerugian ditaksir 4 juta.

  3. Rumah Sakmina, RT 04/RW 10 plalangan, dusun gendir, desa klungkung l, kecamatan sukorambi kerusakan dapur ambruk kerugian ditaksir 7 juta.

  4. Rumah Dullah, RT 01/RW 13 dusun durjo, desa karangpring, kecamatan sukorambi kerusakan dapur ambruk kerugian ditaksir 4 juta.

  5. Rumah Zaenal (53) RT 03/RW 05 dusun botosari, dukuhmencek, kecamatan sukorambi kerusakan dapur ambruk kerugian ditaksir 5 juta.

  6. Rumah Holif (43) RT03/RW 08 dusun curadami, desa sukorambi kerusakan dapur roboh kerugian ditaksir 3 juta.

  7. Rumah Mina, (65) RT 02/RW 02 dusun manggis, desa sukorambi kerusakan tembok rumah retak dan dapur ambruk kerugian ditaksir 10 juta.

Baca Juga:  Bupati Jember Berikan Bantuan Kepada Korban Terdampak Banjir

Dampak gempa diwilayah kecamatan mumbulsari juga menimbulkan kerusakan. kerusakan menimpa rumah Bagimin yang berada di dusun kemiri songo, desa lampeji mengalami rusak sedang.

Kerusakan yang berada diwilayah kecamatan kaliwates yakni 2 rumah mengalami rusak berat dan 7 rumah rusak ringan tepatnya di RT 02/ RW 09. dikelurahan kebonagung 1 rumah rusak berat di RT 03/ RW 09. Di kelurahan yang sama 1 rumah rusak ringan di RT 02.l/ RW 08 dan1 mushola rusak ringan di RT 01/ RW 08.

Untuk wilayah kecamatan patrang berdasarkan laporan dari babinsa banjarsengon dan peninjauan dilapangan diketahui telah terjadi kerusakan rumah milik Holis (58) RT 3 /RW 1 kelurahan banjar sengon, dengan rincian tembok belakang jebol dan dinding rumah retak kerugian ditaksir 20 juta.

Seperti yang dilakukan oleh Silvi Erni Dewi Yulianti kades lampeji, kecamatan mumbulsari mendengar ada rumah warganya roboh akibat getaran gempa, dirinya langsung melakukan koordinasi dengan muspika dan keesokan harinya sejumlah warga beserta muspika di bantu BPBD membersihkan puing-puing rumah yang roboh terkena getaran gempa.

Baca Juga:  Akibat Curah Hujan Yang Cukup Tinggi, Dua Rumah Milik Warga Terdampak Longsor

” Akibat kuatnya getaran gempa 1 rumah milik warga roboh, beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa. Saat ini berbagai bantuan material terus mengalir seperti pasir, semen dan kayu serta berbagai kebutuhan lainya, Bahkan PTPN 12 kebun mumbul juga memberikan bantuan berupa air minum, bungkusan kopi, belum lagi bantuan dari muspika termasuk dari pemerintahan desa lampeji serta masyarakat ” .jelasnya. (tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here