Bupati Siapkan Satu Perda Tentang Wilayah Pertanian Di Wilayah Silo 

0
507
Bupati Jember Hj dr Faida MMR Bersama Wabup Drs KH Abd Muqit Arief Didampingi Forpimda Saat Menghadiri Tasyakuran Masyarakat Silo

Jember, raungpost.id

Masyarakat Silo, menggelar tasyakuran dan istighosah bersama atas dicabutnya WIUP Blok Silo yang dikemas dalam ” Perjuangan Rakyat Silo Bersama Bupati ” bertempat didusun Curah Wungkal, Desa Pace, Kecamatan Silo, jumat (15/2/2019).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Jember dr Hj Faida MMR, Wabup Drs KH Abd Muqit Arief, Kapolres AKBP Kusworo Wibowo, Kasdim 0824 Mayor Sampak, Sag, Muspika, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat serta ratusan masyarakat dari dua Desa yakni Pace dan Mulyorejo.

Bupati Jember dr Hj Faida MMR menyampaikan, dicabutnya tambang emas blok silo berkat perjuangan bersama antara Pemerintah Kabupaten Jember dan masyarakat Silo.

“Pencabutan SK pendirian Blok Silo dari kementrian ESDM sesuai dengan hasil sidang nonlitigasi dari kementrian hukum dan Ham. Ini murni perhatian Pemerintah Kabupaten Jember Terhadap masyarakat Silo “.ujarnya.

Terbukti bahwa rekom dari Pemerintah Provinsi Jatim cacat formal, karena tidak ada koordinasi serta tidak ada rekomendasi dari Bupati Jember.

“Untuk mengamankan agar kejadian serupa tidak terulang lagi maka, celahnya ada di RT/RW. Karena RT/RW yang ada di Kecamatan Silo, ada wilayah yang ditetapkan sebagai tambang emas, namun bukan untuk di eksploitasi tapi di eksplorasi “.katanya.

Baca Juga:  Saat Di Markas PBB Bupati Promosikan Produk Lokal

Masyarakat berkeinginan agar, tidak ada lagi wilayah Silo sebagai blok tambang, tapi sebagai Wilayah pertanian, sehingga Pemerintah Kabupaten Jember akan merubah Perda RT/RW sesuai dengan kondisi dan kenyataan yang ada.

Sedangkan masa berlaku RT/RW ini hingga tahun 2020. Untuk itu, mulai saat ini Pemerintah Kabupaten Jember mempersiapkan untuk penggatian isi Perda RT/RW di Silo, hanya untuk pertanian dan tidak ada lagi Wilayah tambang emas.

“Ini yang akan diperjuangkan melalui perubahan Perda RT/RW. Saya selaku Bupati akan menerbitkan I Perda tentang lahan pertanian dengan mengembalikan Wilayah Silo yang menjadi Wilayah tambang emas menjadi Wilayah pertanian, pungkas Bupati. (jok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here