Wisata Kampung Durian Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

0
302
Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR Didampingi Forpimda Dan Administrator Perum Perhutani KPH Jember Saat Melaunching Wisata Kampung Durian

Jember, raungpost.id

Untuk memperkuat destinasi Wisata, Pemerintah Kabupaten Jember Bersama Perum Perhutani KPH Jember, kamis pagi (21/3/2019) melaunching Wisata Kampung Durian di Desa Pakis, Kecamatan Panti.

Launching destinasi Wisata Kampung durian ini dilanjutkan dengan penyerahan Sharing Kayu Dan Non Kayu kepada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR didampingi suami drg. Abd Rochim dalam sambutannya menyampaikan dari data Perum Perhutani KPH Jember, pohon durian yang ada dikawasan ini berjumlah 7000 pohon dan 2.700 pohon lagi ada dikawasan hutan, Makanya layak bila kampung ini disebut kampung durian.

” Begitu banyak masyarakat Jember yang menanam pohon durian. Di harapkan kedepan, Kampung ini menjadi sentra produksi durian dan pengolahan produksi berbahan durian ,”katanya.

Untuk itu Bupati berharap adanya Manajemen pasca panen, Manajemen distribusi, dan pemasaran yang lebih baik, dengan begitu harga durian bisa mensejahterakan masyarakat, tambah Bupati.

Tujuan utama dengan adanya Kampung durian ini untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, dengan begitu masyarakat akan sejahtera karena ditopanh ekonomi yang stabil.

Baca Juga:  Pemkab Jember Bersama Lantamal V Surabaya Gelar Aksi Kemanusiaan

Disamping itu “Wisata Kampung durian ini bisa menjadi Wisata edukasi bagi anak-anak dan remaja, agar mereka tahu bagaimana tentang cara menanam dan merawat pohon durian yang baik dan tepat “, pungkas Bupati.

Ditempat yang sama, Kepala Departemen Keuangan Divisi Regional Jawa Timur, Sarwono, SE., MM. menjelaskan sharing produksi kayu dan non kayu yang diberikan kepada 19 LMDH tersebut.

Dana sharing itu bertujuan memberikan kesejahteraan bagi anggota LMDH, untuk dimanfaatkan dalam pengembangan koperasi, pengembangan kesehatan, serta fasilitas umum.

Dana sharing atau pembagian hasil produksi dari kayu sebesar 1 milyar 68 ribu rupiah. Jember tahun ini memperoleh predikat tertinggi untuk perolehan dana bagi hasil ini.

Selain dana bagi hasil produksi kayu, Perum Perhutani KPH Jember juga membagikan dana bagi hasil atas produksi getah kepada petani penyadap sebesar Rp. 340 juta.

“Untuk itu jika anggota LMDH, petani, kerjanya dapat lebih giat maka uang yang akan turun lebih banyak,” ujarnya.

Pemandangan menarik terjadi di deretan meja bupati. Bupati disuguhi durian yang masih utuh dengan kulitnya. Durian ini pun dinikmati bersama sang suami dan pejabat lainnya usai seremonial peresmian.

Baca Juga:  Sejumlah Warga Binaan Lapas Klas IIA Jember Langsung Bebas Dihari Kemerdekaan RI Ke-74

Usai meresmikan, bupati bersama anggota Forkopimda lainnya naik mobil menuju kebun durian. Disini bupati berkesempatan memetik durian. Juga menanam bibit pohon durian. (jok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here