Ratusan Personil TNI-Polri Beserta Awak Media Meninjau TPS Di Sejumlah Titik

0
407

Jember, raungpost.id

Untuk Memastikan pelaksanaan pemilu di Wilayah Kabupaten Jember berjalan lancar dan aman, ratusan personel Polri dan TNI menggelar patroli di sejumlah tempat, Selasa malam (16/4/2019).

Diawali dengan apel bersama di Mapolres Jember, ratusan personel dari Polres dan Kodim 0824 yang terdiri dari 120 polri dan 1 SSK TNI. Sesaat setelah melaksanakan apel, pasukan yang dipimpin oleh Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, Dandim 0824 Letkol Inf Arif Munawar, Bupati Jember dr. Hj. Faoda MMR, Kejari Ponco Hartanto langsung bergerak menuju Kantor KPU.

Setiba dikantor KPU, rombongan Pimpinan Daerah ini ditemui oleh Ketua KPU Jember, Anis. Di sana diperoleh informasi persiapan telah final dan siap menyongsong pesta demokrasi 5 tahunan itu.

Selanjutnya, rombongan bergeser ke TPS 16, 17, dan 18 di kawasan Perumahan Mojopahit Sempusari, Kecamatan Kaliwates. Ketiga TPS ini berada di 1 lokasi di sebuah taman dengan jumlah daftar pemilih tetap mencapai hampir 800 orang dengan rata-rata 225-250 orang per TPS.

Kemudian, tujuan terakhir rombong menuju Kantor Bawaslu Jember.

Baca Juga:  Pemkab Jember Fasilitasi Peserta Tajemtra Dengan Perlengkapan Alat Sholat

Usai memantau kesiapan beberapa tempat, Kapolres mengatakan kesiapan pelaksanaan Pemilu 2019 di Jember telah final. Dia menjamin tidak perlu ada yang dikhawatirkan terkait pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Jember.

“Kita menempatkan 17 ribu personel yang terdiri dari 1041 personel Polri, 370 TNI, 15 ribu Linmas yang mana 1 TPS terdiri dari 2 Linmas,” tuturnya.

Menanggapi kabar adanya politik uang di tengah masyarakat, Kapolres menyatakan pihaknya telah menurunkan tim untuk mengantisipasinya.

“Kami sudah terjunkan satgas-satgas anti money politics dan kami berikan informan kami di lapangan dan sejauh ini kami tidak temukan (money politics) di Kabupaten Jember,” jelasnya.

Sementara, Bupati Jember Faida mengimbau kepada masyarakat berbondong-bondong ke TPS menentukan hak pilihnya dan meminta agar tidak golput.

“Luangkan waktu sejenak ke TPS. Jangan sampai ada yang golput karena 1 suara menentukan nasib masa depan bangsa kita. Jangan lupa datang ke TPS karena TNI Polri mengawal Pemilu ini aman dan damai,” pungkasnya. (jok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here