Pemkab Jember Siapkan Armada Bus Bagi Masyarakat Yang Ingin Berlebaran Di Kampungnya

0
390

Jember, raungpost.id

Pemerintah Kabupaten Jember menyediakan lebih kurang tujuh armada bus bagi masyarakat yang ingin berlebaran di kampungnya masing-masing.

Pelepasan keberangkatan dari Alun-alun Jember, Minggu, 09 Juni 2019, oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jember, Drs. Hadi Mulyono, M.Si.

Hadi menyampaikan, salah satu kepedulian pemerintah kepada masyarakat dalam menjaga keamanan, kelancaran, serta keselamatan masyarakat saat mudik dan balik dilakukan dengan kegiatan Mudik Bareng Gratis.

Tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Jember bersama Pemerintah Propinsi Jawa Timur menyediakan 10 armada bus untuk jalur Jember.

Lima armada bus didanai oleh APBD Propinsi Jawa Timur dan lima armada dari APBD Kabupaten Jember.

Sepuluh bus itu menyediakan 530 tempat duduk untuk warga Jember. Pendaftaran terakhir sampai dengan hari pemberangkatan tercatat 513 kursi telah terisi.

“Maksimalah ini dimanfaatkan masyarakat Jember,” jelasnya.

Untuk rute arus mudik, pemerintah menyediakan 3 armada bus, dengan 2 armada bus Jakarta-Jember dan 1 armada Jember-Sumenep Madura.

Sementara untuk arus balik pemerintah memberangkatkan 7 armada bus Jember-Jogjakarta dan 6 armada bus Jember-Surabaya

Baca Juga:  Bupati Kembali Bahas Gelar Pahlawan Nasional  Untuk KH. Acmad Sidiq

“Harapannya, untuk tahun mendatang, Pemerintah Propinsi Jawa Timur dan Kabupaten Jember bisa menyediakan alokasi anggaran yang lebih banyak untuk kegiatan mudik bareng gratis,” harapnya.

Hadi mengatakan, hasil wawancaranya dengan masyarakat dapat diketahui masyarakat menikmati fasilitas yang telah diberikan ini.

Dalam program juga menyediakan layanan kesehatan gratis dari PT. Jasa Raharja serta penyediaan obat-obatan yang dibutuhkan.

“Pada tahun 2019 ini ada kenaikan jumlah mudik sekitar lima persen lebih,” ungkapnya.

Salah satu peserta mudik gratis asal Jember yang menuju Surabaya, Rudi mengaku sudah mengikuti 3 kali mudik gratis ini.

“Ini sangat membantu kita dalam mudik gratis, jadi kita tidak susah payah untuk uyel uyelan di stasiun atau terminal,” ujarnya.

Rudi mengatakan, dengan mengikuti mudik gratis ini cukup mendaftar sudah bisa pulang naik bus gratis, dengan persyaratannya hanya fotokopi KK dan KTP. “Fasilitas, baguslah. Nyaman juga,” cetusnya. (jok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here