Dengan BPJS Ketenagakerjaan, Masyarakat Desa Hutan Bisa Mendapatkan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

0
469
Asper Sempolan Odin Supriadin Didampingi KRPH Sumberjati, KSS Kompers, Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jember, Ketua LMDH Beserta Anggotanya Sesaat setelah Menerima Kartu Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Secara Simbolis Di Obyek Wisata Biskit Reborn

Jember, raungpost.id

Perum Perhutani KPH Jember menjalin kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan Jaminan sosial kepada anggota masyarakat Desa Hutan sebagai mitra kerja utama Perum Perhutani.

Kerjasama ini merupakan upaya untuk memperluas anggota atau kepesertaan BPJS. Kerjasama ini merupakan komitmen Admin Utama/KKPH Perum Perhutani Jember dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Admin Utama/KKPH Perum Perhutani Jember Rukman Supriatna melalui Asper Sempolan Odin Supriadin dihadapan puluhan Masyarakat Desa Hutan menyampaikan, kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari bapak Adm, dalam mengikutsertakan LMDH sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

” Dengan kerjasama ini diharapkan Masyarakat Desa Hutan juga mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan. Dengan begitu para pekerja akan terlindungi dari pekerjanya yang banyak mengandung resiko, “katanya.

Diharapkan pula kerjasama ini bisa memberikan dampak positif bagi para pekerja. Dengan begitu mereka para pekerja akan tenang dalam melakukan aktifitasnya karena sudah ada jaminan sosial ketenagakerjaan, papar Odin.

Sementara itu, KSS Kompers Perum Perhutani KPH Jember Agus Sulaiman juga menyampaikan bahwa kerjasama ini hendaknya dimanfaatkan sebaik-baiknya. Karena setiap pekerjaan pasti ada resikonya, yang namanya apes siapa yang mau, kelakarnya.

Baca Juga:  Bupati Jember Bersama Warga Melaksanakan Jalan Sehat, Sekaligus Meninjau Program Bedah Rumah Tidak Layak Huni

” Hutan merupakan amanan yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa. Untuk itu kita wajib bersyukur, karena keberadaan hutan bisa memberikan manfaat yang sangat besar, “urainya.

Namun semua itu harus diimbangi dengan Sumber Daya Manusia, sehingga keberadaan hutan bisa dikelola dengan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

” LMDH adalah lembaga yang dibuat oleh masyarakat dan harus berbadan hukum. Keberadanya sebagai wadah untuk menjalin kerjasama saling menguntungkan dengan pihak Perum Perhutani, “jelasnya.

Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jember Bangkit menjelaskan kepada Masyarakat Desa Hutan, betapa pentingnya kesadaran pekerja terhadap Jamsos mengingat manfaatnya sangat besar yang bisa diklaim atau didapatkan oleh para pekerja itu sendiri.

Menurutnya, banyak dari masyarakat sudah paham tentang resiko pekerjaan yang dilakoninya, namun banyak juga dari mereka yang belum paham kegunaan ikut sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

” Perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan sebenarnya tidak terbatas, berapun biaya pengobatan hingga kematian ditanggung penuh, mereka bisa mengklaim untuk mendapatkan semua biaya tersebut, ” terangnya.

Baca Juga:  Perum Perhutani KPH Jember Gelar Halal Bihalal Dan Pemberian Santunan

Dari pantauan media ini, pertemuan antara Perum Perhutani, BPJS Ketenagakerjaan dan LMDH berlangsung di Area Wisata Alam Biskit Reborn, jumat (21’6/2019).

Ada tiga LMDH dengan sadar diri mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan yaitu LMDH Wana Asri, Arta Wana Mulia Barokah dan Wana Mandiri, namun sayang LMDH Wana Mandiri tidak hadir dalam acara tersebut.

Masyarakat Desa Hutan Yang mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa mendaftar ditempat dan kartu kepersertaan langsung jadi dan diberikan kepada yang bersangkutan.

Pembagian kartu peserta BPJS diberikan secara simbolis oleh Asper Sempolan didampingi KSS Kompers, KRPH Sumberjati, Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jember dan masing-masing ketua LMDH. (jok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here