Festival Pegon Mampu Menyedot Ribuan Masyarakat Dari Berbagai Daerah

0
333

Jember, raungpost.id

Ribuan masyarakat dari berbagai Daerah tumpek blek diobyek wisata pantai Watu Ulo yang berada di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu untuk menyaksikan Festival Watu Ulo Pegon atau Waton.

Kehadiran ibu Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR di Festival Pegon disambut dengan beragam tarian dari sanggar seni sekolah, dilanjutkan dengan penyerahan tumpeng gunungan.

Kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Jember ini sudah dinanti oleh masyarakat. Mereka rela berdesak-desakan ingin melihat sang Bupati yang cantik ini dari dekat.

” Gelar Festival Pegon ini dikemas dengan bakar-bakar ikan untuk mengedukasi kaum ibu-ibu bagaimana caranya memasak ikan yang amis tanpa minyak hanya menggunakan lemon, ” ujar Bupati, minggu (23/6/2019).

Pihak panitia sudah menyiapkan chef-chef profesional untuk mengajarkan kepada ibu-ibu tata cara memasak ikan yang benar, agar anak-anak dirumah suka memakan ikan sehingga memberikan pertumbuhan yang sehat dan kuat.

” Pegon merupakan kendaraan transportasi kuno yang biasa digunakan oleh para petani, contoh kereta sapi yang biasa digunakan untuk mengangkut barang. Kereta-kereta kuno ini dijadikan sebagai pariwisata Pegon untuk menarik minat pengunjung lokal maupun Mancanegara, ” terangnya.

” Festival Pegon tahun ini juga melibatkan siswa-siswi SMK dalam pameran UMKM. Dan pesertanya tiga kali lipat dari tahun lalu, ini membuktikan bahwa antusias dari masyarakat semakin tinggi, ” imbuh Bupati.

Karya anak SMK ini sangat luar biasa seperti suvenir cocok buat oleh-oleh. Banyak pula sanggar seni disekolah-sekolah dan itu bisa disenergikan maka hasilnya pasti luar biasa.

Menurut Bupati, kedepan kita akan pilih 10 festival terbaik dari 100 kegiatan seni budaya yang diajukan ke Kabupaten Jember. untuk itu kita pilih 10 Festival terbaik yang nantinya akan dibiayai oleh Pemkab Jember.

Obyek wisata Watu Ulo dikelola oleh Pemerintah kabupaten Jember. Mengingat masyarakatnya sangat guyub dan sangat mendukung kegiatan pengembangan Pariwisata.

Untuk itu kita memutuskan, salah satu yang dikembangkan sebagai obyek wisata dan pengembangan Pariwisata adalah Wilayah ini. maka kita akan menjadikan satu Destinasi wisata alam yang akan dikombinasi dengan wisata buatan.

Dengan begitu bisa meningkatkan pelayanan masyarakat dan bisa meningkatkan PAD jember. ” Untuk pengembangan masih disesuaikan dengan perencanaan nanti kalau sudah selesai, ” pungkas Bupati. (jok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here