Dirut PTPN X Optimis Panen TBN Tahun Ini Mencapai Target

0
480

Jember, raungpost.id

Panen perdana Tembakau Bawah Naungan (TBN) PTPN X Kebun Kertosari diarea Gambirono B, Desa Jenggawah, Kecamatan Jenggawah, jumat (5/7/2019) berjalan lancar.

Hadir dalam petik perdana tersebut Dirut PTPN X Ir Dwi Satrio Anurogo, Manager PTPN X Kebun Kertosari Leo Tumanggor, Manager PTPN X Kebun Ajong Dwi Aprilia Sandi, Kabag Divisi tembakau Aris Handoyo beserta seluruh staf dan karyawan PTPN X.

Tahun ini kita mencanangkan SDM dan kualitas. Karena tembakau PTPN X ini sudah di canangkan sebagai tembakau berkwalitas,karena kita memiliki target yang cukup tinggi dibanding tahun lalu, ujar Dwi Satrio A.

” Untuk tahun lalu top grade harga berkisar 20-22 persen, untuk tahun ini kita berupaya mencapai target minimal 35 persen, disitu sudah ada lompatan, “imbuhnya.

Saat ini kita harus konsentrasi fokus kepada SDM. Karens SDM sendiri perlu kompetensi dan itu sudah kita benahi, “terangnya.

Sementara untuk sarana prasarana dan lain sebagainya, disini Manager Kertosari dan Manager Ajong sudah berupaya melakukan yang terbaik, bagaimana bisa mendapatkan atau melampaui terget tersebut.

Baca Juga:  PTPN X Kebun Kertosari LaksanakanTanam Perdana Tembakau Bawah Naungan Penuhi Pasar Internasional

Untuk luas saat ini sekitar 500 Ha dibagi dua Kebun yakni Kebun Kertosari 250 Ha dan Ajong 250 Ha. Luasan saat ini menurut kami cukup ideal, karena kontrol kita bisa lebih fokus.

“Dengan luasan yang cukup ideal ini kita optimalkan, bila hasilnya bagus otomatis Gradenya akan tinggi. Kita berharap dengan luasan yang optimal ini bisa menghasilkan yang maximal, “urainya.

Jika dengan luasan ini bisa maximal tahun depan tentunya akan kita tambah lagi luasanya.

Untuk total produksi tahun ini keseluruhan mencapai 8.800 ton daun hijau. Kita sangat optimis tahun ini bisa mencapai target, bahkan melampaui terget.

Bila dilihat pertumbuhan daun saat ini cukup bagus, tidak ada cacat daun dan lebar daun cukup ideal. Sekarang tinggal bagaimana memperbaiki proses setelah ini. katanya. (jok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here