Apel Siaga Dalkarhutla Tahun 2019 Sukses Digelar

0
310
Admin Utama/KKPH Jember Rukman Supriatns S, hut M, Mpar Saat Menjadi Imspektur Upacara Apel Siaga Dalkarhutla Tahun 2019 Dipetak 18 RPH Seputih, BKPH Mayang

Jember, raungpost.id

Apel siaga Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan (Dalkarhutla) Perum Perhutani KPH Jember bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bertempat dipetak 18 RPH Seputih, BKPH Mayang sukses digelar.

Bertindak sebagai inspektur upacara Admin Utama/KKPH Jember Rukman Supriatna S. Hut. M, Mpar didampingi Waka Selatan Ahmad Faisal S. Hut MM, Waka Utara Asep Setiawan S. Hut, turut hadir Muspika Kecamatan Mayang.

Gelar Apel Siaga Dalkarhutla ini dihadiri oleh personil BPBD, Babinsa, Babinkamtibmas, Asisten Perhutani (Asper) Sempolan, Asper Mayang, Asper Kalisat, Asper Lereng Yang Timur (LYT), Perwakilan Asper Lereng Yang Barat (LYB), Asper Ambulu, Asper Wuluhan, seluruh KRPH, personil Polhutmob serta Anggota LMDH.

Admin Utama/KKPH Jember Rukman Supriatna Mengatakan, Tujuan utama diadakan Apel Siaga Dalkarhutla ini untuk meningkatkan kemampuan Anggota/personil Perum Perhutani juga masyarakat dalam mengendalikan kebakaran hutan.

“Tingkat kerawanan kebakaran hutan yang ada di Perum Perhutani Jember ada empat titik, khususnya dihutan jati yaitu di Kecamatan Ambulu, Wuluhan dan Mayang, “ujar Rukman Supriatna, selasa, 23/7/2019).

Baca Juga:  Forpimda Bersama Perhutani Gelar Rapat Koordinasi Bidang Kehutanan Dalam Rangka Menjaga Kelestarian Hutan

Penyebab terjadinya kebakaran dihutan jati kebanyakan dilakukan oleh manusia, entah itu dilakukan sengaja maupun tidak sengaja. Daun jati yang sudah kering, itu sangat mudah sekali terbakar. ” Mudah-mudahan tidak ada unsur kesengajaan dalam kebakaran dihutan jati, “harapnya.

Untuk itu saya menghimbau kepada seluruh masyarakat, hindari bermain dengan api, apalagi musim kemarau seperti saat ini. ” Masyarakat dilarang keras melakukan pembersihan lahan dengan cara membakar atau pembakaran hutan, “tegas Rukman Supriatna.

Disamping itu, Admin Utama/KKPH Jember juga membagikan alat pemadam kebakaran secara simbolis kepada tujuh orang Asper.

Hal senada disampaikan oleh Waka selatan Ahmad Faisal dan Waka utara Asep Setiawan, kami sangat gembira karena gelar Apel Siaga Dalkarhutla tahun 2019 yang digelar dipetak 18 RPH Seputih, BKPH Mayang berjalan sesuai harapan.

“Ini berkat kerjasama yang baik antara Perum Perhutani KPH Jember, BPBD, Muspika Kecamatan Mayang dan seluruh jajaran personil Perum Perhutani Jember juga LMDH “urainya.

Dirinya berharap, dengan digelarnya Apel Siaga Dalkarhutla ini bisa meningkatkan kemampuan bagi personil Perhutani khusunya juga masyarakat umumnya. “Sehingga kedepan, mereka memiliki keahlian dalam mengendalikan kebakaran hutan, “tutupnya.

Baca Juga:  Rombongan Audensi Perhutani Paparkan Terkait Kunjungannya Menemui Bupati

Sementara itu, Mat Tinggal yang mewakili LMDH Seputih mengataksn rasa bangga dengan digelarnya Apel Siaga Dalkarhutla ini.

Menurutnya, sistem pemadaman kebakaran yang dilakukan oleh personil BPBD yang bekerjasama dengan Perum Perhutani KPH Jember sangat membantu sekali.

Dulu jika terjadi kebakaran hutan, masyarakat menggunakan cara manual atau ala kadarnya dan hasilnya tidak efektif. “Sekarang kami bersyukur, dengan sinergitas antara Perum Perhutani Jember, BPBD, Muspika dan LMDH InsyALLAH jika terjadi kebakaran akan cepat bisa dipadamkan, “tutupnya.

Dalam simulasi pemadaman kebakaran hutan ini, nampak personil Perum Perhutani KPH Jember, Personil BPBD dan LMDH kompak bahu membahu memadamkan api, sehingga dengan hitungan menit api yang berkobar bisa segera dipadamkan. (jok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here