Tim Kejari Jember Sambangi Pemdes Harjomulyo, Terkait Laporan Adanya Dugaan Penyalah Gunaan Anggaran Bumdes

0
1315
Herdian SH, Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Jember

Jember, raungpost.id

Menindak lanjuti hasil laporan dari masyarakat terkait adanya dugaan penyalah gunaan anggaran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Harjomulyo, Kecamatan Silo, Kasi Pidsus Kejari Jember bersama tim langsung turun gunung, senin (29/7/2019).

Kedatangan Kasi Pidsus Kejari Jember bersama tim ini diterima oleh Sekdes Harjomulyo didampingi perangkat Desa lainya.

Herdian SH Kasi Pidsus Kejari Jember saat ditemui media ini sesaat setelah melakukan pertemuan dengan Sekdes Harjomulyo mengatakan, Kedatangan kami ke Balai Desa Harjomulyo untuk melakukan klarifikasi terkait adanya laporan dugaan penyalahgunaan anggaran Bumdes.

” Kedatangan kita ke Balai Desa Harjomulyo, Kecamatan Silo tujuanya mengklarifikasi berkaitan adanya laporan dugaan penyalahgunaan anggaran Bumdes tahun 2015 yang hingga saat ini belum ada pertanggungjawabanya, “ujarnya.

Jadi kita mengklarifikasi juga berkoordinasi dengan pihak Desa, sejauh mana perkara tersebut ditangani oleh pihak Pemerintahan Desa Harjomulyo.

” Hasil dari klarifikasi tersebut, ternyata Pemdes telah melayangkan surat kepada pihak pengurus Bumdes untuk segera menyerahkan laporan keuangan, akan tetapi tidak ada tindak lanjut dari pengurus Bumdes, “imbuh Herdian.

Baca Juga:  Dirjen Pajak Dipraperadilankan, Karena Menetapkan Tersangka Tidak Sesuai Prosedur

Langkah kita selanjutnya, yang bersangkutan atau pengurus akan kita panggil untuk mengklarifikasi tentang hal tersebut. Nilai uang Bumdes ini sebesar 150 juta rupiah digunakan untuk apa saja dan progres perkembangan usahanya sampai hari ini seperti apa.

“Seandainya nanti kita temukan adanya pelanggaran akan kita tindak lanjuti sesuai dengan hukum yang berlaku. Kita dalami penyelidikan malalui Pengumpulan Bahan dan Keterangan (Pulbaket) dan jika itu memenuhi sarat untuk naik ke penyidikan tentunya akan kita lakukan ketahap penyidikan, “terang Herdian.

Untuk pemanggilan akan kita agendakan dalam minggu-minggu ini. Kalau dari pihak Pemdes sendiri sangat terbuka sekali, tutupnya.

Sementara itu, Sekdes Desa Harjomulyo Eko Sugiarto menjelaskan bahwa kedatangan tim dari Kejaksaan Negeri Jember ke Desa Harjomulyo untuk menindak lanjuti adanya laporan dugaan penyalahgunaan anggaran Bumdes tahun 2015.

“Sebenarnya kami dari pihak Desa telah melayangkan surat kepada pihak Bumdes. Selebihnya kami tidak tahu apakah pihak Bumdes sudah melaporkan terkait keuangan atau tidak, “jelasnya.

Disinggung adanya dugaan penyalahgunaan keuangan oleh pengurus Bumdes, Eko Sugiarto menjawab tidak tahu persis, karna pada saat itu saya sebagai Kasi Pemerintahan. (jok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here