Masyarakat Antusias Berebut Bibit Perhutani

0
581

Jember, RaungPost.id

Menyemarakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke74 Pemerintah Kabupaten Jember menggelar Karnaval Budaya Pandhalungan yang berlangsung, sabtu (24/8/2019).

Tidak mau ketinggalan, Perhutani Jember mengirim peserta karnaval sebanyak 50 orang terdiri dari Polmob dan Polter.

Rimbawan Perhutani Jember membagi-bagikan bibit kehutanan kepada masyarakat Kabupaten Jember di sepanjang route karnafal umum tingkat Kabupaten Jember. Sabtu (24/8/2019).

Gelaran pentas Jember Fashion Carnaval 2019 belum hilang dalam inguatan, kemeriahan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 74 tahun 2019 di Kabupaten Jember masih terus bergelora.

Perhutani Jember dengan motto “KPH Jember Mandiri, Bahagia dan Berkah” selalu proaktif dalam setiap efent di tingkat Kabupaten Jember.

Pada karnafal umum tahun ini mengambil tema “Hutan Untuk Kehidupan” dengan membagi-bagikan bibit tanaman kehutanan kepada seluruh penonton di sepanjang jalur karnafal.

“Antusiame masyarakat luar biasa, mereka berebut bibit- bibit yang kita bagikan”, Demikian kesan Administratur Utama Perhutani Jember Rukman Supriatna, S.Hut.,M.MPar.

“Dengan bibit ini kami mengajak kepada seluruh masyarakat agar turut aktif melestarikan dan membangun lingkungan hidup kita”.ujar Rukman S.

Baca Juga:  Bupati, Melalui Rotasi Jabatan Akan Memperkaya Pengalaman 

Bupati Jember Dr. Faida, MMR turut memberikan apluose dan melakukan standing up bersama Forkopinda Jember pada saat regu karnafal Perhutani Jember no urut 07 melintas di depan tribun kehormatan dan menerima bibit secara langsung saat regu menyerahkannya.

Koordinator kegiatan yang juga Komandan Regu (Danru) Polisi Hutan Mobil (Polhutmob), Ediyanto menjelaskan, “Kita siapkan bibit tanaman hutan yang siap tanam pada acara ini sebanyak kurang-lebihnya 3000-an plances hasil pembibitan swadaya karyawan Perhutani Jember”.terangnya.

Bibit tanaman hutan yang dibagi-bagikan secara gratis tersebut terdiri dari beberapa jenis seperti ; durian, atfokat, mangga, jambu, mahoni, jati dan tanaman MPTS lainnya.

Dari pantauan media dilapangan, Karnaval tahun ini lebih kreatif dengan mengangkat tema kekhasan Jember, yaitu 4C unggulan Jember ( Coffe, Chocolate, Cigarette, Culture) dikemas dalam Karnaval Budaya Pandalungan Jember.

Miniatur keberagaman budaya Jember tersaji dalam gelaran ini, penampilan 4C berdasarkan kategori juga sangat menarik, Coffee (kopi) yang diwakili oleh sejumlah pelaku usaha kopi, Chocolate (coklat) dengan peraga alat produksi coklat serta produknya.

Baca Juga:  Berbagi Kebahagiaan Bersama Divisi Tembakau PT Perkebunan Nusantara X

Cigarette menampikan batik bermotif tembakau tari khas labako. Cultur atau budaya tersampaikan dengan adanya tampilan tarian dan kesenian khas Jember, penampilan Ta’butaan, Jaranan, Can Macanan Kaduk dan lainnya. (jok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here