24 CPNS Guru SMA/SMK Situbondo  Ikuti Workshop Literasi, ” Guru Harus Kenali Iklim dan Budaya”

0
649

Situbondo, RaungPost.id

Paguyuban CPNS Guru SMA dan SMK kabupaten Situbondo tahun 2019, gelar workshop literasi di Ballroom Hotel Lotus SMKN 1 Panji Situbondo. Yang diikuti 24 CPNS Guru SMA dan SMK di lingkungan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Situbondo.

Nampak Hadir dalam acara Kepala Cabang Dinas Pendidikan Bondowoso dan Situbondo, Drs. Mahrus Syamsul, MM. Pd, Guru SMPN 1 Bodowoso, Mohammad Hairul, S.Pd, guru penulis asal Bondowoso, Suntusiah, S.Pd, M.Pd. Kemarin Sabtu-Minggu. (24-25/8/2019).

Ketua Panitia, Fawzul Sinatrya Pramaja, menyampaikan bahwa terselenggaranya kegiatan ini merupakan dukungan serta arahan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bondowoso dan Situbondo, yakni Drs. Mahrus Syamsul, MM.Pd. “Jelas pria yang juga CPNS guru SMKN 1 Kendit Situbondo.

Sementara Mahrus Syamsul dalam sambutannya menyampaikan, acara ini merupakan pengembangan dari program induksi guru pemula (PIGP). Permendiknas nomor 27 tahun 2010 mengatur tentang hal Literasi, bahwa CPNS guru harus mendapatkan orientasi untuk mengenali iklim dan budaya di lingkungan kerjanya”, Ungkap Mahrus

“Ia juga memotivasi peserta bahwa para CPNS Guru akan mampu untuk menghasilkan karya berupa satu guru satu buku melalui acara workshop literasi.

Baca Juga:  Bupati Buka Rapat Kerja Baznas 

“Pihaknya bersedia memberikan kata sambutan atas nama kepala cabang dinas terhadap buku yang peserta hasilkan nantinya. ” Tuturnya

Bertindak selaku narasumber pada acara workshop literasi, Mohammad Hairul, S.Pd, M.Pd, Guru SMPN 1 Bondowoso yang juga merupakan instruktur nasional literasi baca tulis Kemdikbud. Juga Suntusiah, S.Pd, M.Pd, Guru penulis asal Bondowoso.

Melalui kegiatan dua hari tersebut, para peserta dibekali berbagai materi tentang literasi sekaligus didampingi langsung untuk menulis buku. Pihak narasumber juga akan melayani proses terbit dan proses cetak buku yang dihasilkan peserta.

“Setelah workshop dua hari ini, nanti karya peserta akan kami bantu proses editing, proses desain cover, pengurusan ISBN, bahkan sampai pada tahap terbit dan cetak. Namanya workshop ya harus ada produk yang dihasilkan”, Ucap Hairul

Menurut panitia, acara serupa akan digelar kembali pada tanggal 31 Agustus-1 September 2019 di SMKN 3 Bondowoso. Pesertanya adalah CPNS guru SMA/SMK Kabupaten Bondowoso. (Abas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here