Gerak Jalan Tajemtra Jadi Magnet Bagi Peserta Luar Jember

0
603
Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR Didampingi Forpimda Saat Mengikuti Tajemtra Tahun 2019

Jember, RaungPost.id

Perhelatan akbar tahunan gerak jalan Tanggul-Jember Tradisional (Tajemtra) tahun 2019 dengan jarak tempuh 30 kilometer, Start Alun-Alun Tanggul dan Finish Alun-Alun Kota Jember dibuka langsung oleh Bupati Jember dr. Hj. faida MMR, sabtu (31/8/2019).

Dalam sambutanya Bupati Jember mengatakan, Tajemtra kali ini ada penjurian khusus bagi lansia.

“Biasanya saya punya pengawal anak-anak muda, namun kali ini saya ingin pengawal khusus dari peserta Tajemtra tertua dari Kalisat yaitu Tukimin (113), “canda Bupati.

Dari tahun ketahun perhelatan Akbar Tajemtra selalu ada perbaikan, ini dilakukan agar supaya semakin rapi dan baik. “Kita tetap ingin berkreasi agar Jember semakin maju, “imbuh Bupati.

Dengan adanya masukan dari para Ulama dan Kiai, kita tidak ingin adanya kegiatan-kegiatan yang membawa mudhorat dan tidak ingin adanya kegiatan yang memakan waktu panjang sehingga para peserta meninggalkan kewajibanya yaitu sholat lima waktu.

Tukimin Usia (113) Peserta Tajemtra Tertua Dari Kecamatan Kalisat

Dan tahun ini Tajemtra kita perbaiki kembali seperti tahun-tahun sebelumnya, namun tahun ini lebih lengkapi lagi seperti posko-posko pemberhentian. Disitu juga disediakan terapi pijat bagi peserta juga masyarakat yang membutuhkan terapi.

Baca Juga:  Pemkab Jember Fasilitasi Peserta Tajemtra Dengan Perlengkapan Alat Sholat

Dan untuk stempel dipindahkan ke Masjid-Masjid yang halamanya luas, agar peserta memiliki kesempatan beristirahat dan menunaikan ibadahnya.

Dan panitia sendiri dilengkapi dengan remaja-remaja Masjid dan peserta yang berhenti di pos akan dikasih stempel pos I dan begitu seterusnya hingga mencapai finish.

Bagi peserta yang berhenti untuk menunaikan ibadah akan mendapat stempel dari panitia, apabila stempelnya lengkap dari start hingga finish maka akan mendapat hadiah dari panitia berupa sepeda motor.

” Ini bedanya Kabupaten Jember dengan Daerah lain. Jika di Daerah lain ada giat lomba cuma dapat hadiah saja, namun di Kabupaten Jember sudah dapat hadiah dapat pahala pula karena menunaikan ibadah “ujar Bupati.

Bupati juga menghimbau kepada semua peserta jangan ada yang membawa sajam apalagi bikin kerusuhan, kita disini mau bergembira bersama, karena sejatinya kita adalah saudara.

Peserta Tajemtra tahun 2019 ini mencapai 12.600 lebih dan pesertanya ada yang dari luar Kabupaten Jember seperti dari NTT, Batam, Serpong, Bali, Klaten, Kulonprogo dan dari Kertosono Jatim, tutup Bupati. (jok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here