Tiga Tersangka Curas Ditangkap, Dua Diantaranya Dilumpuhkan Dengan Timah Panas

0
492

Jember, RaungPost.id

Tiga pelaku tindak pidana pencurian dan kekerasan (Curas) yang beraksi di Wilayah Kecamatan Sumbersari dibekuk team Opsnal Serigala Polsek Sumbersari, dua diantaranya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena berusaha melawan saat ditangkap.

Ketiga tersangka yakni, Bima Arbian Nugraha (19), Alamat Jl. Teuku umar Gg Kali serang No. 10 Rt 01 Rw 03 Kel. Tegal besar Kec. Kaliwates, Rafa Abigel Derby Marcelino (19) Alamat Jl. Harsoyo Lingk. Kauman Kel. Mangli Kec. Kaliwates daj Faizal Jodi (20) Alamat tempat tinggal terakhir Dsn Wirowongso Ds. Lembengsari Kec. Ajung.

Penangkapan terhadap ketiga tersangka Berawal dari laporan Moch Wildani Aufan Yusuf (14) pelajar SMP atau korban, Alamat tempat tinggal Jl. Teuku umar Gg. Serang 57 Rt 001 Rw 003 Kel. Tegal besar Kec. Kaliwates Kab. Jember.

Team Ospnal Serigala dibawah Komando Kompol Faruk Mustafa Kamil,amd Bergerak cepat melakukan penyelidikan dan penangkapan terhadap para pelaku.

Kapolsek Sumbersari Kompol Faruk Mustafa Kamil,amd mengatakan, Saya bersama Kanit Reskrim, melakukan Lidik terhadap Laporan korban ,dengan pola Observasi, Interview, , Surveillance, , Undercover, berikut Tracking ( pelacakan ) Hand Phone milik terlapor.

“Keberadaan para tersangka ini sering berpindah-pindah (bersembunyi) atau menghilangkan jejak. kita terus bekerja keras melakukan pencarian. Selanjutnya dengan Investigation atau lidik di ketahui keberadaan 2 tersangka Bima dan Rafa, “urainya.

Baca Juga:  Team Ospnal " SERIGALA " Polsek Sumbersari Mengamankan SatuTersangka Pencuri Hp Berikut Penadahnya

Team Opsnal Serigala lalu menangkap keduanya. Dari intrograsi singkat didapat keterangan bahwa, hasil dari curas sepeda motor Yamaha Jupiter No. Pol. P- 5464 -GA milik korban telah di jual oleh tersangka Faizal Jodi yang merupakan rekan dari dua tersangka yang telah tertangkap lebih dulu.

Menurut Kapolsek, Tersangka Faizal Jodi menjual sepeda motor hasil curian tersebut kepada Jon warga Dusun Lembengan, Kecamatan Ajung. Ketiganya ditangkap hari Selasa tgl 03 September 2019, sekitar jam 21.30 Wib, di Jl. Bengawan solo Kel. Sumbersari Kec. Sumbersari Kab. Jember (saat TSK mengamankan diri setelah melakukan Kejahatan Curas SPM terhadap korban).

“Saat petugas menggelandang Bima dan Rafa, kedua tersangka ini melawan kemudain team Opsnal Serigal memberikan tembakan peringatan namun kedua tersangka tetap melawan, melalui tindakan terukur keduanya dengan tembakan melumpuhkan, “terang Kapolsek.

Dari tersangka Rafa ini petugas menemukan pisau lipat yang didapatkan di saku celana sementara dari tersangka Bima di temukan alat berupa roti kalung tajam terbuat dari besi dan obeng plus yang di persiapkan untuk melakukan kejahatan lagi.

Baca Juga:  Dua Pengedar Sabu Diamankan Satnarkoba Polres Jember

Selanjutnya TSK di bawa ke Sat. Reskrim Polsek Sumbersari untuk di proses sesuai dengan hukum lebih lanjut sesuai mekanisme / aturan hukum yang ada.

Modus yang dilakukan oleh ketiga tersangka ini yaitu berpura-pura mengajak ke tempat kost-kostan Rafa dan Jodi yang berada di Jl. Jawa II A Kel. Sumbersari Kec. Sumbersari Kab. Jember, untuk di ajak minum-minuman keras (miras) terlebih dahulu di kamar kost.

Sedangkan korban Moch Wildani Aufan Yusuf di beri miras paling banyak sehingga saat korban setengah sadar, selanjutnya di pukuli secara bergantian oleh Bima dan Rafa yang mengenai wajah berkali kali yang menyebabkan 5 (lima) gigi korban copot (atas dan bawah) wajah lebam dan mata bengkak merah.

Kemudian tersangka Bima dan Rafa keluar kost-kostan bersama Jodi yang sudah menunggu di luar, tersangka Jodi ini mengerti atas pemukulan / kekerasan terhadap korban.

“Tersangka Rafa dan Bima kembali lagi ke kost-kostan saat melihat korban pingsan tersangka Rafa membacok paha kiri korban dengan clurit miliknya ( DPB atau di buang di sungai). sedangkan Bima mengambil kunci sepeda motor korban diatas kasur dan diserahkan kepada tersangka Rafa, “ujar Kapolsek.

Baca Juga:  Berkat Sinergitas Polisi, Ulama Dan Umaroh, jaringan Esek-Esek Berhasil Dibongkar

Korban lalu di tinggal di kamar kost dan untuk pintu di kunci / gembok dari luar , sedangkan sepeda motor korban di bawa oleh tersangka Rafa dan diserahkan keppada tersangka Bima, oleh tersangka Bima diberikan tersangka Jodi.

Atas kesepakatan tersangka Bima dan Rafa sepeda motor tersebut di jualkan oleh tersangka Jodi kepada orang lain yakni Jon dengan harga Rp. 700.000. tanpa dilengkapi dgn surat-surat yang syah ( STNK & BPKB ), hasilnya tersangka Jodi dapat Rp. 50.000 , Rp. 50.000. beli roti kalung terbuat dari besi oleh tersangka Bima, pisau lipat sebesar Rp. 100.000, oleh tersangka Bima sisanya Rp. 550.000. di gunakan kebutuhan hidup selama melarikan diri tersangka Bima dan Rafa dan habis.

Pasal Yang Di Langgar Yaitu Pasal 365 ayat (1), (2) ke 1,2,4 KUHP, tentang Pencurian dengan Kekerasan ( CURAS ), tutup Kapolsek. (jok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here