Apes, Pemuda Ini Ditangkap Karena Curi Kotak Amal

0
214

Jember, RaungPost.id

Tim Opsnal Serigala Polsek Sumbersari mengamankan Adam Cahyo Rosyadi (29), warga Jalan Blimbing 5, Lingkungan Pagah RT/RW 02/016, Kelurahan Jember Lor, Kecamatan Patrang.

“Tersangka ini kita amankan di sekitar Jalan Kalimantan, Kelurahan / Kecamatan Sumbersari,” ujar Kapolsek Sumbersari, Kompol Faruk Mustafa Kamil, Minggu (15/9/2019).

Menurutnya, Team Opsnal (Serigala) yang selalu stand by, ready, on call dan selalu quick respon mendapatkan informasi dari masyarakat, bahwa telah terjadi pencurian 2 kotak amal di Rumah Makan Jowo Trisno jalan Kalimantan.

Bahkan, pelaku diamankan oleh korban dan saksi yang mengetahui aksi tersebut.

“Selanjutnya, Team Opsnal menggunakan pola Interview dan intrograsi singkat terhadap saksi korban dan para saksi, bahwa tersangka telah mencuri atau mengambil isi uang dalam 2 kotak amal untuk Yayasan Panti Asuhan Mambaul Ulum dan Attafakur,” imbuhnya.

Dikatakannya, bahwa kejadian tersebut diketahui oleh saksi 1 dan 2. Saat tersangka mengambil uang dalam 2 kotak tersebut dan berhasil divideo menggunakan HP, saat itu tersangka memesan minuman kopi di RM, tersangka melakukan aksinya dengan merusak atau memecah kotak amal tersebut yang terbuat dari kaca dan di gembok.

“Setelah melakukan aksinya, tersangka berpura-pura menukar uang di Alfamart yang ada di sebelah RM makan tempat saksi bekerja,” ungkapnya.

Namun, tersangka ini sempat mengelak akan perbuatannya, setelah ditunjukan rekaman video dan BB yang ada akhirnya tersangka tidak berkutik dihadapan polisi.

“Modus yang dilakukan tersangka berpura-pura pesan minum kopi di RM Jowo Trisno dan seolah-olah memindahkan 2 kotak amal dari depan ke belakang dengan alasan tempat duduknya sempit tanpa ijin dari pemilik atau karyawan RM,” tandasnya.

Selanjutnya, tersangka mengambil uang yang ada dalam isi 2 kotak tersebut dimasukkan ke saku celana dan keluar dari RM belum bayar dengan alasan tukar uang Rp.100.000. ( Seratus ribu rupiah ) menjadai 2 lembar Rp. 50.000 ( Lima puluh ribu rupiah).

Belum sempat tersangka kabur dapat diamankan, berikut Barang Bukti ( BB) baik uang hasil kejahatan / mencuri serta lainnya, untuk proses hukum lebih lanjut.

“Adapun BB yang berhasil diamankan adalah 1 unit sepeda motor Honda Beat No. Po. P 6815 TI, warna merah, Uang tunai sebesar Rp. 200.000. ( Dua ratus ribu rupiah), 1 buah tas merk YINQISHI warna doreng coklat dan 2 kotak amal untuk panti Asuhan Mambaul Ulum dan Attafakur,” katanya.

Akibatnya, kerugian korban dengan perbuatan tersangka sebesar akibat tindak pidana dengan perbuatan tersangka sebesar Rp. 1.500.000.- ( satu juta lima ratus ribu rupiah).

“Atas perbuatanya tersangka akan dikenakan pasal 363 ayat (1), ke 3,5 KUHP, tentang Pencurian dengan Pemberatan (Curat),” pungkasnya. (jok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here