Forpimda Bersama Perhutani Gelar Rapat Koordinasi Bidang Kehutanan Dalam Rangka Menjaga Kelestarian Hutan

0
130

Jember, RaungPost.id

Pelestarian hutan serta pencegahan pencurian kayu yang dilakukan oleh masyarakat di Jember dibutuhkan sinergitas tiga pilar yakni Camat, Kapolsek, Danramil juga peran serta masyarakat itu sendiri.

Untuk itu pihak Perum Perhutani KPH Jember melakukan Rapat Koordinasi Bidang Kehutanan Kabupaten Jember Tahun 2019 bertempat diaula utama KPH dihadiri oleh Admin Utama/KKPH Jember, Kapolres, Dandim 0824, Dinas Lingkungan Hidup (LH) serta instansi terkait.

Dalam kesempatanya Dandim 0824 Letkol Inf La Ode M Nurdin menyampaikan, Untuk tetap menjaga dan melestarikan hutan di Kabupaten Jember perlu adanya sinergitas dari sticholder yang ada diantaranya Polri-TNI, Perhutani juga masyarakat untuk melakukan upaya-upaya sosialisasi pencegahan dan lain sebagainya.

Melalui peran kita semua apapun permasalahan dilapangan khususnya kehutanan akan bisa diatasi bersama. Yang kedua tentunya akan dibutuhkan kegiatan-kegiatan nyata dilapangan seperti melakukan patroli bersama dan sosialisasi baik ditingkat sekolah maupun ponpes.

“Peran serta dari lapisan masyarakat ini sangat berguna untuk pelestarian lingkungan hidup kita, ” urainya, kamis (17/10/2019).

Diharapkan nantinya peran serta dari Muspika, Babinsa, Babhinkamtibmas, Asper, Mantri akan berjuang bahu membahu dalam menjaga hutan kita, tutur La Ode.

Sementara itu, Kapolres Jember melalui Kabag Ops Kompol Harwiyono juga menyampaikan, Sebelum kita melangkah kepenindakan hukum tentunya kita harus mengetahui karakter masyarakat itu sendiri disamping itu kita harus memiliki dua alat bukti dalam rangka penegakan hukum.

Untuk itu perlu adanya sosialisasi yang lebih intens agar masyarakat tahu tentang undang-undang kehutanan sehingga mereka nantinya tidak akan melanggar hukum.

Disamping itu, Kerjasama TNI-Polrii akan ditingkatkan lagi dengan melakukan patroli bersama dan juga akan melakukan meeping dititik-titik rawan sehingga perbuatan masyarakat yang akan melakukan tindakan pencurian dan lain-lain bisa dicegah.

Terpisah Admin Utama/KKPH Jember Rukman Supriatna mengatakan di Kabupaten Jember ini ada empat pengelola hutan diantaranya Perhutani, Taman Nasional Meru Betiri, BKSDA, CDK. Namun selama ini seakan berjalan sendiri-sendiri.

” Untuk itu kita berinisiatif mencoba bersinergi karena kawasan hutan yang ada ini memiliki tanggung jawab bersama dari unsur kehutanan, “jelasnya.

Tujuan utamanya adalah bersinergi diantara instansi yang menangani kehutanan. Namun demikian kita tidak bisa lepas dari instansi lain yang terlibat dalam penanganan hutan seperti Polres, Kejari, Kodim juga Brigif, tutup Rukman. (jok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here